Jumat, 19 Februari 2016

Aspek pasar dan pemasaran

Aspek pasar dan pemasaran

Pendahuluan

Aspek pasar dan pemasaran - Yang dilakukan dalam aspek pasar dan pemasaran bertujuan untuk menguji serta menilai sejauh mana pemasaran dari produk yang dihasilkan dapat mendukung usaha yang direncanakan. Factor utama yang harus dinilai dalam aspek pasar dan pemasaran antara lain :
  • Jumlah permintaan produk dimasa lalu dan masa kini serta kecenderungan permintaan di masa yang akan dating
  • Berdasarkan pada angka proyeksi 
  • Berapa besar market share yang direncanakan 
  • Factor apa saja yang dapat mempengaruhi permintaan 
  • Strategi apa saja yang dapat dilakukan dalam meraih market share

Daya serap pasar

Daya serap pasasr merupakan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan dalam memasarkan hasil produksi dari usaha yang direncanakan. Sebagai gagasan usaha yang direncanakan, kendati telah feasible untuk dikembangkan jika di lihat dari aspek teknis, manajemen, keuangan, dan lingkungan, tapi jika produk yang dihasilkan tidak mempunyai pemasaran tidak ada artinya usaha ini dikembnangkan.

Dari segi permintaan

Permintaan dari produk yang dihasilkan dapat diiketahui melalui daya serap pasar. Untuk menghitung daya serap pasar dari hasil produksi dapat dilakukan berdasarkan perhitungan atas dasar konsumsi dan per capital dan perhitungan atas dasar jumlah komsumsi nyata.

Dari segi penawaran

Apabila konsumsi nyata terhadap sesuatu produk telah diketahui, pengisian permintaan dan penawaran dapat terjadi, baik dari dalam maupun dari luar daerah tersebut. Dengan mengetahui konsumen nyata dan jumlah penawaran dari sesuatu produk, perbedaan antara konsumsi nyata dengan penawaran adalah peluang yang dapat dimanfaatkan dalam pembukaan usaha baru