Jumat, 19 Februari 2016

SISTEMATIKA STUDI KELAYAKAN BISNIS

SISTEMATIKA STUDI KELAYAKAN BISNIS

Pendahuluan

SISTEMATIKA STUDI KELAYAKAN BISNIS - Studi kelayakan bisnis merupakan gambaran usaha yang direncanakan,sesui dengan kondisi, potensi, serta peluang yang tersedia dari berbagai aspek. Dengan demikian dalam menyusun sebuah studi kelayakan bisnis, harus meliputi sekurang-kurangnya aspek-aspek sebagai berikut :
  1. Pendahuluan
  2. Aspek pasar dan pemasaran
  3. Aspek teknis dan teknologis
  4. Aspek organisasi dan manajemen 
  5. Aspek ekonomi dan keuangan

SISTEM PENYUSUSNAN

Pendahuluan

Yang perlu diuraikan dalam pendahuluan adalah latar belakang masalah yang memberikan jawaban dari beberapa pertanyaan seperti jenis kegiatan usaha yang akan direncanakan, serta manfaat apa saja yang dapat diperoleh dengan adanya gagasan usaha tersebut.

Aspek Pasar dan pemasaran

Aspek pasar dan pemasaran adalah inti dari penyususnan studi kelayakan. Kendatipun secara teknis telah menunjukkan hasil yang secara feasible untuk dilaksanakan, tapi tidak ada artinya apabila tidak dibarengi dengan adanya pemasaran dari produk yang dihasilkan. Oleh karenya, dalam membicarakan aspek pemasaran harus benar-benar diuraikan secara baik dan realistis baik mengenai masa lalu dan prospeknya dimasa yang akan dating.

Dalam Aspek Pasar dan pemasaran, sekurang-kurangnya harus melingkupi peluang pasar, perkembangan pasar, penetapan pangsa pasar , dan langkah-langkah yang perlu dilakukan disamping kebijakan yang diperlukan.

Aspek teknis dan teknologis

Aspek teknis dan teknologis dibahas setelah usaha proyek tersebut dinilai layak dari aspek pemasaran. Faktor yang perlu diuraikan adalah yang menyangkut lokasi usaha yang direncanakan, sumber bahan baku, jenis teknologi yang digunakan, kapasitas produksi, jenis dan jumlah investasi yang diperlukan.

Apabila studi kelayakan bisnis yang disusun adalah dalam bidang usaha produksi atau kegiatan yang melakukan pengolahan, factor pertama yang harus dimuat dalam aspek teknis produksi adalah lokasi usaha yang akan dikembangkan. Faktor yang perlu dijelaskan antara lain dari segi bahan baku, keadaan pasar, serta penanganan limbah bila diperlukan.

Aspek organisasi dan manajemen

Dalam aspek organisasi dan manajemen, yang perlu diuraikan adalah bentuk kegiatan dan cara pengelolaan dari gagasan usaha yang direncanakan secara efisien. Apabila bentuk dan system pengelolaan telah dapat ditentukan secara teknis.

Aspek ekonomi dan keuangan

Aspek ekonomi dan keuangan yang perlu dibahas, antara lain menyangkut dengan perkiraan biaya investasi , perkiraan biaya operasi dan pemeliharaan, kebutuhan modal kerja, sumber pembiayaan, perkiraan pendapatan, perhitungan criteria investasi.